Jam

Selasa, 17 Maret 2015

MAKALAH KESEHATAN JANTUNG



BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang

Menjaga kesehatan jantung sangat penting, mengingat jantung sebagai organ utama dalam saluran peredaran darah, Dari itu penting bagi kita untuk melakukan pencegahan sehingga awal tidak terganggu di masa depan, Hati adalah organ utama dalam menentukan kehidupan manusia dan organ sentral yang menentukan reaksi kinerja organ lainnya. Oleh karena itu, menjadi sangat penting bagi kita terutama yang usia 40 tahun ke atas untuk menjaga jantung tetap sehat.


Jantung adalah organ otot berongga berongga yang memompa darah melalui pembuluh darah oleh kontraksi berirama yang berulang. Sarana jantung istilah yang berhubungan dengan jantung, dari kata Yunani cardia untuk jantung. Jantung adalah salah satu organ yang berperan dalam sistem peredaran darah manusia.

















BAB II
PEMBAHASAN


Hati dapat dikatakan sebagai salah satu organ vital yang harus Anda terlihat sebagus mungkin, karena hati adalah pusat dari kehidupan seseorang. Penyakit jantung adalah istilah yang luas dan digunakan untuk menggambarkan berbagai penyakit yang berhubungan dengan hati Anda. Penyakit jantung umumnya mengacu pada penyempitan atau penyumbatan pembuluh darah yang menyebabkan serangan jantung, nyeri dada (angina) atau stroke.

Jenis-jenis penyakit jantung:
Gagal Jantung
Gagal jantung atau dikenal dengan bahasa medis Gagal Jantung, di mana keadaan hati Anda tidak bisa lagi memasok aliran darah untuk memenuhi kebutuhan tubuh.
Serangan Jantung
Serangan jantung atau penyakit jantung katup, terjadi karena salah satu katup jantung Anda tidak berfungsi properl.
Penyakit jantung koroner
Penyakit jantung koroner atau penyakit arteri koroner, disebabkan oleh lapisan lemak atau kolesterol di dinding arteri yang menyumbat pembuluh darah Anda, membuat suplai darah ke dan dari hati. Penyakit jantung koroner merupakan pembunuh nomor satu. 1 di Amerika.
Penyakit jantung kongenitalØ
Penyakit jantung bawaan atau penyakit jantung bawaan juga menjadi salah satu penyebab terbesar dari risiko penyakit jantung.

Gejala penyakit jantung:
Anda akan sangat terasa nyeri dada atau nyeri (angina), cepat lelah dan kelelahan, sesak napas, pingsan mantra, beberapa organ tubuh Anda akan berubah menjadi biru, bengkak di kaki, perut, atau daerah sekitar mata, dan Anda denyut jantung tidak teratur atau berdebar.


Faktor-faktor yang menyebabkan penyakit jantung:
Anda merokok? Demi kesehatan Anda mulai untuk pergi, karena merokok merupakan faktor risiko untuk penyakit jantung, terlalu banyak makanan yang mengandung kolesterol juga memiliki peningkatan risiko penyakit jantung, stres, kurang istirahat, bertambahnya usia dan keturunan juga menjadi salah satu penyebab terbesar risiko penyakit jantung.

Pencegahan dapat dilakukan dengan cara:
Berhenti merokok, Jika Anda merokok dan ingin mengurangi risiko penyakit jantung berhenti merokok menjadi pilihan yang sempurna untuk melakukan.

Mengubah diet Anda, diet sehat dan mengurangi makanan yang mengandung kolesterol. Latihan, Latihan adalah aktivitas yang sering diabaikan tetapi sebenarnya olahraga baik untuk kesehatan, terutama jantung Anda. Mulailah untuk menyenangkan dan menenangkan diri, karena stres dan kurang istirahat menjadi salah satu risiko penyakit jantung.

Sayang untuk hati Anda dengan gaya hidup berubah menjadi gaya hidup sehat serta mengubah pola makan Anda ke diet yang sehat dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Penyakit jantung koroner atau penyakit arteri koroner, terjadi ketika arteri koroner yang mensuplai darah, oksigen dan nutrisi ke jantung Anda tersumbat atau menyempit. Penyakit jantung koroner disebabkan oleh timbunan lemak yang secara bertahap menumpuk di dinding arteri, sehingga darah pasokan, oksigen dan nutrisi ke jantung Anda terganggu. Proses penumpukan lemak yang disebut aterosklerosis.

Berikut adalah penyebab, gejala dan cara mencegahnya:
Penyebab penyakit jantung koroner, termasuk:
Kadar kolesterol dalam tubuh Anda tinggiØ
Ø Penyakit jantung koroner adalah penyebab deposit lemak pada dinding arteri koroner, yang terdiri dari kolesterol dan bahan limbah lainnya. Lebih baik untuk mengurangi risiko penyakit jantung koroner, menjaga kadar kolesterol dalam darah Anda.
Hipertensi atau tekanan darah tinggiØ
Tekanan darah tinggi menambah pekerjaan hati sehingga dindingØ jantung menebal atau kaku sehingga risiko penyakit jantung koroner.
asap.Ø
Salah satu zat dalam rokok adalah nikotin, terlalu banyak nikotin ke dalam tubuh dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah.Ø
Obesitas.Ø
Obesitas atau lebih dikenal sebagai obesitas dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.Ø Orang yang mengalami obesitas berada pada risiko penyakit jantung koroner.
DiabetesØ
 Orang yang memiliki riwayat diabetes juga berisiko terkena penyakitØ jantung koroner, terutama jika gula darah Anda tidak terkontrol dengan baik.
Faktor UsiaØ
Risiko penyakit jantung koroner dapat meningkatkan dengan meningkatnya usia Anda.Ø Semakin tua Anda, semakin mengurangi efektivitas organ tubuh, termasuk sistem kardiovaskular. Lebih dari 80 persen pasien dengan penyakit jantung koroner lebih dari 60 tahun. Pria cenderung lebih cepat terkena dibandingkan perempuan, risiko hanya meningkat secara dramatis setelah menopause.

Gejala-gejala yang terjadi pada pasien dengan jantung koroner:
Anda akan sangat terasa nyeri dada atau nyeri (angina).Ø
Anda akan mengalami sesak napas.Ø
Pulse tidak teratur denyut jantung (palpitasi).Ø
Anda dengan mudah menjadi lelah dan lemah.Ø
Mual dan berkeringat juga menjadi gejala mudah pada pasien dengan penyakit jantung
koroner.Ø
5 cara jitu yang terhindar dari jantung koronerØ
Tentu saja Anda tidak bisa menahan penuaan dan mengubah garisØ keturunan, tetapi Anda dapat melakukan hal berikut untuk mengurangi risiko penyakit jantung koroner.
Kurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak.Ø
Perbanyak makan buah-buahan, sayuran dan biji-bijian yang mengandung antioksidan tinggi (Vitamin A, C dan E).Ø
Hindari stres, karena stres dapat menyebabkan ketidakseimbanganØ dalam fungsi tubuh Anda, dapat meningkatkan tekanan darah, membuat Anda merokok dan makan berlebihan.
Hidup gaya hidup sehat.Ø
Rajin berolahraga.Ø Olahraga dapat memperkuat jantung, membakar lemak dan menjaga keseimbangan HDL dan LDL dalam tubuh Anda.
8 Makanan Menurunkan Kolesterol Mencegah Penyakit Jantung, Penyakit kolesterol dapat mempengaruhi tidak hanya orang tua, tetapi juga yang masih masa usia muda dan produktif, biasanya dengan peningkatan penyakit kolesterol jahat akan menyerang kebiasaan makan yang buruk dan gaya hidup yang tidak sehat. Untuk itu, kita harus mencoba untuk menjalani gaya hidup sehat untuk menjaga kolesterol dalam darah tetap normal.
Kita tahu bahwa kolesterol, terutama kolesterol jahat / Low - Density Lipoprotein (LDL) merupakan momok bagi penderita penyakit jantung dan stroke. Karena risiko penyakit jantung koroner dan stroke juga salah satunya adalah peningkatan kadar kolesterol jahat dalam darah. Oleh karena itu pentingnya dalam hal mencegah penyakit jantung koroner.
Ada beberapa jenis makanan dan minuman untuk menurunkan kadar kolesterol sehingga dengan beberapa jenis penurun kolesterol makanan minuman juga akan dapat menurunkan faktor risiko jantung koroner dan juga meningkatkan kadar kolesterol darah dalam batas normal.
Berbagai jenis makanan penurun kolesterol dapat ditemukan dalam berbagai makanan sehat penurun kolesterol berikut, yaitu:
1. Buah tomat. Tomat juga dapat membantu dalam menurunkan kolesterol. Setidaknya tidak dengan kami minum 2 cangkir tomat atau kita bisa membuat dengan jus tomat, maka akan dapat menurunkan kolesterol dalam darah adalah kolesterol yang sangat buruk.
2. Buah Strawberry. Stroberi buah mengandung banyak pektin, sejenis serat larut yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Sebuah studi menemukan bahwa suplementasi dengan strawberry diet jantung sehat memiliki hasil yang sama dengan diet gandum untuk jantung sehat.
3. Anggur merah. Sebuah studi yang dilakukan oleh Dr. Jane Freedman dari Boston University Medical School mengungkapkan bahwa orang yang minum wine di 14 hari berturut-turut akan meningkatkan total kolesterol dan HDL, atau kolesterol baik. Anggur merah atau jus anggur (wine) terkenal dengan kandungan antioksidan yang tinggi yang berperan dalam membantu meningkatkan kadar HDL dalam darah.
4. Jus lemon. Menurut American Dietetic Association, kandungan limonoid di lemon ini berguna untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Selain itu, lemon juga sangat kaya akan vitamin C yang merupakan antioksidan kuat. Nigeria Journal of Physiological Sciences telah melaporkan bahwa vitamin C yang berasal dari lemon setelah konsumsi selama 30 hari dapat kolesterol jahat secara signifikan lebih rendah.
5. Berbagai jenis kacang-kacangan. Janis kacang ini serta almond, kenari dan kacang lainnya sesuai dengan jenis penelitian membutuhkan waktu beberapa kenari setiap hari bisa menurunkan kolesterol dalam darah sekitar 27 persen. Menurut lembaga pengawas US Food and Drug Administration (FDA), mengonsumsi sekitar segenggam (42,5 gram) kacang almond, hazelnut, kacang tanah, kemiri, kacang pinus, kacang pistachio dan kenari, dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Omega - 3 konten lemak dan antioksidan dalam pekerjaan kacang untuk merehabilitasi kerusakan arteri yang disebabkan oleh lemak jenuh. Sehingga makanan adalah salah satu pilihan untuk dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dalam darah Anda.
6. Berbagai Jenis Ikan. Lebih khusus adalah ikan laut. Mengganti daging dengan konsumsi ikan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Hal ini karena daging mengandung lemak jenuh, yang berperan meningkatkan kadar kolesterol jahat. Sementara beberapa jenis ikan, seperti salmon, sarden dan tuna kaya asam lemak omega 3, yang berperan menurunkan trigliserida. Dan ini juga kita harus mengubah pola makan kita dan gaya hidup sehat. karena sebagian besar orang yang kita suka makan daging dari makan ikan. Meskipun isi ikan lebih bermanfaat bagi kesehatan kita. Sebagai pemerintah kami sangat dipromosikan, pelayanan terutama laut untuk mengkonsumsi lebih banyak makanan laut dalam hal ini adalah berbagai jenis ikan.
7. Bawang putih. Bawang putih memiliki banyak efek positif pada kolesterol dan tentu saja baik untuk menjaga kolesterol baik. Banyak uji klinis telah melihat peran dan manfaat bawang putih pada penyakit jantung, terutama dengan menurunkan kolesterol total, kolesterol LDL dan trigliserida. American Dietetic Association merekomendasikan bahwa manfaat kesehatan dari bawang putih, kita harus mengonsumsi 600-900 mg sekitar 1 siung segar) per hari. Dan bahkan bawang putih ini adalah salah satu bumbu yang selalu hadir dalam menu sehari-hari kita juga dan kita tahu dalam kehidupan kita sehari-hari.
8. Aneka Greens. Sayuran hijau di negara kita ada banyak tercinta Indonesia. Sayuran hijau yang sarat dengan vitamin B kompleks dan niasin yang mencegah pembekuan arteri dan pembekuan arteri juga dapat menyebabkan penyakit jantung koroner dan stroke. Contoh dari banyak sayuran hijau seperti: bayam, seledri, kacang polong, brokoli, sawi dan lain-lain.
Bersama kami akan mampu mengenali berbagai menurunkan kolesterol makanan minuman akan mampu menjaga hati kita sehat dan terhindar dari berbagai jenis penyakit jantung.

 
Heart Of Manusia




BAB III
KETENTUAN PENUTUP

Kesimpulan

Menjaga kesehatan jantung adalah hal yang paling penting yang harus kita lakukan, karena jantung adalah organ yang paling penting dalam tubuh kita. Namun, tidak ada salahnya jika kita menjaga kesehatan organ tubuh lainnya.


Saran

Bagi kebanyakan pria ingin jantung sehat selalu. Dengan melakukan upaya untuk menyehatkan jantung. Tips berikut untuk tetap jantung sehat:
1. Bagi Anda yang memiliki kebiasaan merokok. Jadi mulai sekarang berhenti dari kebiasaan tidak sehat. Perlu Anda ketahui, perokok memiliki kesempatan yang sangat besar mengalami serangan jantung dibandingkan mereka yang tidak memiliki kebiasaan merokok sama sekali.
2. Cobalah untuk mengurangi konsumsi garam yang berlebihan. Karena dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Sehingga dapat meningkatkan penyakit jantung koroner.
3. Rajin dan meningkatkan intensitas olahraga teratur setiap pagi. Dalam hal ini, bisa bersantai dengan berjalan atau berlari selama setengah jam atau lebih.
4. Berbagai masalah yang frustrasi pikiran Anda dapat mempengaruhi kesehatan jantung Anda. Cobalah untuk meluangkan waktu untuk menonton acara tv yang berisi komedi. Sehingga Anda bisa tertawa terbahak-bahak dan menenangkan pikiran Anda.
5. Anda juga dapat membuat diri mereka tersedia untuk liburan atau tamasya ke suatu tempat yang menyenangkan. sehingga bisa menyegarkan pikiran Anda yang juga berdampak sangat baik pada kesehatan jantung Anda.
6. Anda harus mengurangi atau bahkan tidak minum minuman yang mengandung alkohol. Hal ini karena alkohol dapat merusak otot jantung Anda.
7. Makan buah-buahan dan sayuran yang mengandung banyak vitamin yang dibutuhkan jantung anda seperti bayam, alpukat dan kacang-kacangan serta kurangi makanan yang memiliki kadar kolesterol yang sangat tinggi mengandung.
DAFTAR PUSTAKA


http://neoaskep.blogspot.com/2013/11/makalah-kesehatan-mengenal-
penyakit.html

https://translate.google.com/?hl=en&tab=wT

http://intips-kesehatan.blogspot.com/2012/04/jaga-jantung-sehat.html

http://id.wikipedia.org/wiki/Jantung

3 komentar: